Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Syariah Marketing


Dalam perkembangan dunia syariah yang semakin dikenal di masyarakat, maka kehadiran buku Syariah Marketing menjadi pelengkap penting akan pengetahuan tentang syariah. Sebelumnya kita sudah mengenal bank syariah, ekonomi syariah, bisnis syariah, bahkan MLM syariah pun ada.
Sementara, pemasaran adalah bagian penting dari bisnis. Bisnis syariah tentu menuntut semua aspek dalam bisnis tersebut harus berlandaskan syariah mulai dari akuntansi syariah, manajemen sumber daya syariah, dan tentu saja pemasaran syariah. Untuk itulah saya tertarik dengan buku Marketing Syariah sebagai panduan untuk menjalankan bisnis saya.
Kenapa harus buku Marketing Syariah ini?


Dibuku ini saya menemukan gambaran yang utuh dan tepat tentang konsep pemasaran syariah. Bukan hanya “modifikasi” dari pemasaran konvesial, yang sering hanya tampilan luarnya saja atau penyederhanaan. Tetapi kita akan dibawa untuk memahami konsep pemasaran syariah yang sangat mendasar, utuh, dan menyeluruh. Kata syariah atau islami bukan hanya “lipstik” saja tetapi menjadi ruh dari konsep pemasaran.
Apa keistimewaan buku ini?
Ada tiga orang hebat yang terlibat di buku ini. Ketiganya orang-orang yang saya kagumi dengan kepakarannya. Yang pertama adalah Hermawan Kartajaya. Sejak saya baru rencana terjun ke dunia bisnis, saya sudah menjadi pengikuti konsep-konsep pemasaran yang diajarkan oleh Hermawan Kertajaya. Kepakarannya di bidang pemasaran bukan hanya diakui di Indonesia, tetapi oleh masyarakat manca negara. Kehadiran Hernawan Kartajaya dalam buku ini adalah jaminan bahwa konsep pemasaran yang dijelaskan dibuku ini adalah konsep yang sudah diakui dan konsep terbaru.
Yang kedua Muhammad Syakir Sula. Kepakarannya dalam bidang syariah tidak perlu diragukan lagi. Seorang ahli asuransi syariah, advisor Bank Muamalat (bank syariah pertama di Indonesia), pernah menjadi ketua Dewan Pengawas Syariah di berbagai perusahaan, dan jabatan lainnya. Dan yang ketiga, meski tidak terlibat secara langsung, yaitu Dr Muhammad Syafi’i Antonio, M.Ec. yaitu seorang ahli ekonomi syariah ternama di Indonesia.
Dengan tokoh-tokoh diatas, kita mendapatkan jaminan bahwa penulis buku ini adalah memang pakarnya. Bukan sembarang pakar, tetapi pakar terbaik yang ada. Ini menjanjikan isi buku yang berkualitas yang patut kita jadikan pedoman dalam menjalankan bisnis.
Apa saja isi buku ini?
Dimulai dengan penjelasan konsep syariah dalam bisnis dan pemasaran dengan belajar dari Rasulullah saw. Mulai dari dasar, implementasi, dan bagaimana penerapan nilai-nilai syariah dalam bisnis. Kemudian kita akan mendapatkan penjelasan gambaran utuh tentang pemasaran. Bukan hanya pemahaman pemasaran secara parsial yang sering saya dapatkan di buku-buku lainnya. Tetapi pemahaman yang menyeluruh tentang pemasaran. Dan diakhiri dengan studi kasus pada berbagai bisnis syariah di Indonesia, mulai Bank Muamalah Indonesia, Asuransi Takaful, Perum Pegadaian Syariah, dan Batasa Capital.
Apa kekurangan buku ini?
Buku ini cukup memberikan gambaran yang utuh dan menyeluruh bagi kita. Hanya saja, belum memberikan panduan lebih detil dan praktis. Tentu saja karena buku ini tidak akan cukup untuk membahasnya semua.
Kesimpulan
Buku ini diperlukan sebagai dasar atau awal sebelum Anda mempelajari konsep dan taktik pemasaran lainnya. Jika Anda sudah terlanjur belajar pemasaran konvensional, Anda tetap harus membaca buku ini, kemudian melakukan re-thinking terhadap praktek pemasaran yang selama ini Anda lakukan agar sejalan dengan syariah. Tentu saja, buku Syariah Marketing saja tidak cukup, Anda perlu belajar lagi baik dari pengalaman, seminar, maupun buku lainnya.

Sumber : http://www.motivasi-islami.com/review-syariah-marketing/ 


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More