Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Kunci Sukses Negosiasi Bisnis


Dalam usaha untuk memenangkan persaingan, sangat diperlukan kelihaian untuk melakukan negosiasi. Apalagi, jika menyangkut usaha ritel. Sebab, makin pandai bernego, makin efisien dan efektif produksi yang dihasilkan. Sehingga ujungnya, menguntungkan bisnis yang dijalankan.

Karena itu, negosiasi sangat penting dikuasai. Menurut ajaran Sun Tzu yang telah berusia lebih dari 2500 tahun—dan kini diimplementasikan dalam manajemen modern—salah satu unsur penting untuk “menang” adalah dengan mengetahui unsur kelebihan dan kekuatan lawan.


Berikut beberapa hal yang bisa Anda praktikkan untuk mengetahui unsur kelebihan dan kekuatan lawan sehingga bisa sukses dalam setiap negosiasi bisnis, yaitu:
  • Dengarkan sebelum Anda bicara. Mulut diciptakan satu, sementara telinga sepasang. Itu artinya, Anda seharusnya lebih banyak mendengar daripada bicara. Termasuk soal urusan negosiasi. Pahami dan dengarkan dulu apa yang menjadi keinginan pihak lain, kemudian telaah apa yang menjadi kebutuhan. Lantas, sesuaikan dengan apa yang bisa Anda berikan sehingga dari sana Anda akan tahu persis apa yang bisa dinego untuk kesuksesan usaha Anda.
  • Kuasai rasa gugup dengan sikap santun. Negosiasi kadang akan melahirkan “perang urat” yang kadang berakhir pada kekalahan semua pihak. Karena itu, kesantunan dalam berkata-kata, perhatian yang diberikan pada pihak lain, dan sikap baik yang ditunjukkan kadang akan “melunturkan” suasana sehingga negosiasi lebih mudah dilaksanakan.
  • Belajarlah tentang berbagai materi penunjang negosiasi. Penguasaan Anda akan materi yang sedang didiskusikan akan memberikan daya tawar yang lebih baik pada Anda. Termasuk, saat Anda sudah tahu kelebihan dan kekuatan pihak yang diajak bernego, maka Anda akan lebih mudah “masuk” untuk mendapat tawaran paling menguntungkan.
  • Jika tak memungkinkan, carilah peluang lain. Kadang kala, negosiasi berjalan terlalu alot sehingga tak ada satu pun pihak yang mengalah. Saat situasi itu terjadi, jangan terjebak pada emosi. Tapi, siapkan materi lain yang mungkin bisa dinegosiasikan ulang. Sehingga, negosiasi tak berakibat permusuhan. Karena itu, siapkan materi negosiasi sedetail mungkin, sehingga banyak rencana yang bisa Anda “belokkan” untuk tetap menguntungkan bagi usaha Anda.
  • Anda adalah negosiator ulung. Kadang, rasa percaya diri sangat memengaruhi proses negosiasi. Dan, jika ini terjadi, ingatlah bahwa Anda adalah negosiator ulung sejak masih anak-anak. Ingatkah Anda pernah merengek minta mainan hingga menangis dan akhirnya orangtua luluh? Itulah bakat yang ada dan sudah Anda miliki. Jangan ragu untuk terus bernegosiasi!
 Sumber : inspirasisehat.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More