Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Pemimpin Unggul dengan Prinsip LEADER


Saat ini, banyak pemimpin baik perusahaan ataupun organisasi yang memiliki gaya kepemimpinan dengan cara-cara tersendiri. Ada yang tegas menjurus diktator, ada yang menggunakan pendekatan manusiawi, ada yang peragu, hingga berbagai macam gaya lainnya.

Semua gaya itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, pada dasarnya, jika Anda menjadi pemimpin, yang terpenting adalah bagaimana menjadikan perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin memperoleh kemajuan bersama.


Bagaimana caranya? Inilah beberapa prinsip LEADER yang dikenalkan oleh Drew Stevens, pengarang buku Magnetic Leadership yang bisa Anda coba praktikkan untuk menjadikan Anda seorang pemimpin unggulan..

L – Listening

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan Anda diciptakan dengan satu mulut dan dua telinga. Artinya, kita diciptakan bertujuan agar lebih banyak mendengar dibandingkan berbicara. Dan memang, dengan mendengar lebih banyak, Anda akan dapat mengetahui aspirasi dan motivasi karyawan atau bawahan dengan lebih baik. Tentu, hal ini akan bisa jadi masukan yang bagus untuk pengembangan usaha atau organisasi Anda.

E – Enthusiasm
Karyawan atau bawahan butuh dimotivasi. Kalau pimpinan tampak loyo dan kurang semangat, pastilah bawahannya juga tak akan bisa bekerja dengan maksimal. Karena itu, jaga wibawa dengan selalu antusias dalam menjalankan setiap pekerjaan di mana pun Anda berada.

A –Awareness
Sebagai pemimpin, Anda harus sadar dan tahu persis, apa saja isu yang berkembang di kantor. Sebab, dengan sadar apa kondisi yang terjadi—baik internal maupun eksternal—kebijakan yang Anda keluarkan akan lebih sesuai dengan keadaan. Sehingga, bawahan akan lebih mudah memberikan dukungan.

D – Decisive
Bergerak cepat dan tangkas adalah ciri kepemimpinan yang baik. Sebab, bawahan pastilah tidak menginginkan ada pimpinan yang tampak sering ragu mengambil keputusan.

E – Equal
Meski posisi Anda lebih tinggi, tapi jangan menjadikan Anda jumawa atau sombong dengan kedudukan. Sebab, semua orang sejatinya memiliki peran yang saling mengisi. Karena itu, prinsip keseimbangan harus dijalankan, hargai hak dan kewajiban, perlakukan semua dengan pendekatan yang manusiawi.

R – Reward (and Punishment)
Sudah jadi rahasia umum, jika penghargaan acap kali menjadi sesuatu yang didambakan oleh manusia. Inilah mengapa pendekatan hadiah (atau apa pun namanya) menjadi salah satu solusi yang baik untuk melakukan pendekatan yang manusiawi pada karyawan. Namun sebaliknya, jaga juga kewibawaan dengan tetap memberikan hukuman bagi mereka yang salah. Berlakulah adil dalam setiap keputusan, maka Anda akan jadi pimpinan yang selalu bisa membawa kemajuan bagi perusahaan.

Sumber: inspirasisehat.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More