Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Presiden Sebastian Pinera, Pemimpin Yang Peduli


Gambaran/image seorang pemimpin dalam suatu negara atau perusahaan sangatlah diperhatikan oleh orang disekelilingnya dan ia merupakan surat yang dapat terbaca dengan jelas akan karakter dan kepribadian dari pemimpin itu bagi semua orang. Bila sudah dapat terbaca dengan jelas maka sebagai rakyat atau anak buah dapat mendukung sepenuhnya tanpa suatu rekayasa apapun atau unsur penolakan akan pemimpinnya tersebut. Itulah pola atau gaya kepemimpinan yang ideal.


Di masa globasasi sekarang ini dimana semua di tuntut kepiawaian baik dibidang skill/kemampuan maupun pengetahuan akan tehnologi ini, maka tidaklah mengherankan bila semua orang juga berlomba untuk menempatkan dirinya pada posisi pemimpin. Tetapi sekali lagi sangat sedikit pemimpin tersebut yang mau untuk membayar harga untuk menempatkan dirinya sebagai pemimpin yang baik dan dapat mengayomi akan rakyat atau anak buahnya.

Beberapa hari yang lalu ,yaitu pada hari Selasa ,12 October , dunia di gemparkan oleh kabar heroisme yang dilakukan oleh seorang Presiden Chili yang bernama Sebastian Pinera. Aksi penyelamatan pekerja tambang di Chili yang dilakukan oleh beliau terjadi pada malam hingga keesokan harinya, yang menuai sukses. Pinera ,seorang yang menjadi nomor satu di negara Chili, mau untuk terjun ke lokasi kejadian dan berjuang dengan mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan akan 33 pekerja tambang yang merupakan warga negaranya.

Kita melihat terlebih dahulu sekilas mengenai kehidupan Sebastian Pinera sendiri sebelum menjadi seorang presiden. Pinera adalah seorang raja bisnis kartu kredit dan mantan pemilik maskapai penerbangan Lan Chile. Memang unik, Dia merupakan presiden pertama dari kubu konservatif dalam 20 tahun terakhir. Pinera tidak asing dalam bisnis media. Sebelum terpilih menjadi presiden baru Chili, 11 Maret 2010, Pinera adalah pemilik Chilevision, yaitu stasiun televisi terkemuka di negara Amerika Latin itu. Namun, demi menghindari konflik kepentingan, Pinera menjual sahamnya di Chilevision kepada jaringan Time Warner. Pinera merupakan salah satu orang terkaya di Chile dan merupakan miliarder pertama yang berhasil terpilih jadi presiden di negaranya. Aset kekayaan pribadi Pinera ditaksir sebesar 600 juta pound sterling (sekitar Rp8,5 triliun).

Bila kita melihat akan latar belakang kehidupannya,maka jelas kita dapat melihat bahwa Pinera adalah seorang yang sangat low profile dan tidak memandang akan status seseorang. Begitu menakjubkan melihat akan kegigihan dan kepedulian dari seorang pemimpin negara, Presiden Chile, Sebastian Pinera kepada rakyatnya yang ditunjukkan pada saat penyelamatan 33 penambang yang terperangkap di kedalaman 600 meter di kerak bumi selama 69 hari.

Pinera telah menunjukkan sikap kepemimpinan-nya sebagai kepala negara secara totalitas membela habis-habisan dan menyelamatkan rakyatnya yang ada di bawah kerak bumi itu, bahkan kunjungannya ke Eropa harus dibatalkan. Hal ini sangat mengharukan dan menggugah dunia. Pinera melakukan bagaimana seharusnya seorang pemimpin yang benar-benar menjalankan amanatnya untuk melindungi rakyatnya. Saat rakyat mempertaruhkan nyawanya di suatu kondisi, sang pemimpin negara memerintahkan segala upaya untuk menyelamatkan mereka tanpa mempedulikan besar biayanya. "Saya adalah presiden yang bangga dengan rakyat saya," kata Presiden Chile, Sebastian Pinera. Sepanjang hari itu, ia selalu berbicara tentang kebanggaan dan rasa syukur setelah keberhasilan penyelamatan 33 penambang yang selama 69 hari terperangkap. "Begini cara Chile menyelesaikan persoalan. Saya bangga menjadi pemimpin bangsa yang hebat," ujarnya menampilkan "kebersamaan, solidaritas, kerjasama, dan iman tak tergoyahkan". Seperti dikatakan Presiden Pinera sendiri, "Para pekerja tambang akan tetap di hati rakyat. Banyak orang kehilangan harapan dan banyak juga yang gigih mengejar harapan. Penambang ini menjadi sumber inspirasi. Kisah mereka ini menyatukan negara."

Inilah beberapa kalimat yang diucapkan sang pemimpin mengenai rakyat yang dipimpinnya. Pinera tidak segan-segan memuji akan rakyat Chili. Dia benar-benar memandang rakyatnya sebagai individu (a person)-human being bukan hanya sebagai rakyat atau bawahan semata-mata.

Kisah penyelamatan yang dilakukan oleh Presiden Chile ini merupakan sebuah inspirasi kemanusiaan yang luar biasa yang patut diteladani. Apa yang dilakukan oleh Sebastian Pinera ini mengajarkan kepada dunia, untuk tidak menyerah demi dan atas nama kemanusiaan.

Inspirasi yang datang dari Sang Presiden, Sebastian Pinera adalah ketika ia mengesampingkan tugas kenegaraannya untuk berkonsentrasipada keselamatan rakyatnya. Contohnya,yaitu ketika Dia menunda kunjungan ke Eropa hanya untuk berkonsentrasi demi menanti hasil penyelamatan itu. Pinera, berulangkali datang ke tempat kejadian hanya untuk mengetahui perkembangan upaya penyelamatan sekaligus memberi semangat kepada rakyatnya yang tengah menderita itu. Sang Presiden pula yang menegaskan, tak peduli berapapun biaya yang harus dikeluarkan, para penambang itu harus diselamatkan!

Atas tindakannya yang mengedepankan sisi kemanusiaan itu, Pinera telah membuktikan bahwa dirinya dapat disebut sebagai pemimpin yang sukses. Kepedulian dan caranya menangani korban bencana sangat layak jadi panutan bagi setiap pemimpin yang benar-benar menghargai dan mengutamakan akan rakyat yang dipimpinnya. Kisah penyelamatan ini adalah sebuah pelajaran dan inspirasi nyata yang patut untuk diteladani.

Jika ditarik kesimpulan dari kisah nyata ini, maka kita dapat menemukan akan prinsip-prinsip/karakteristik mutlak yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin,dan semua itu ada di dalam diri seorang Sebastian Pinera, Presiden Chili.

Prinsip-prinsip/karakteristik yang mutlak itu adalah :

1. Seorang pemimpin yang mampu menyajikan satu prinsip/karakter pemimpin yang handal: berada di depan saat rakyat membutuhkan. Satu karakter yang memang hanya bisa muncul karena hidup dalam dirinya bukan secara mengada-ada,tetapi apa adanya.

2. Seoramng pemimpin yang mau untuk membayar harga untuk menempatkan dirinya sebagai pemimpin yang baik dan dapat mengayomi akan rakyat atau anak buahnya.

3. Seorang pemimpin yang tahu menghargai akan rakyatnya dan memperlakukan rakyatnya benar-benar seperti dirinya as a human being/individu.

4. Seorang pemimpin yang terbuka, apa adanya dan dapat dibaca oleh semua orang, menyadari akan posisinya / menempatkan dirinya sebagai pemimpin dan menempatkan rakyat/anak buahnya juga sebagai individu
Sumber : vibizmanagement.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More