Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Mindset dan Mental Sang Pemenang

Selama bertahun-tahun memiliki pengalaman sebagai motivator, membawakan ribuan seminar dan bertemu ratusan ribu peserta, saya mengamati dan mempercayai bahwa keinginan seseorang untuk sukses sangatlah besar.
Umumnya, mereka melakukan investasi demi mengikuti seminar-seminar motivasi, membeli buku pengembangan diri dan lain sebagainya. Pertanyaan saya, apakah Anda sudah menemukan rahasia untuk menjadi seorang Pemenang? Jika IYA, apakah Anda telah melakukannya?
2 M for Mindset & Mental
Berapa banyak diantara Anda yang telah mengikuti seminar motivasi, membaca buku-buku pengembangan diri dan hasilnya Anda semakin bingung serta putus asa menemukan rahasia menjadi seorang Pemenang? Setiap pembicara motivasi umumnya membagikan hal yang berbeda dengan pembicara motivasi lainnya sehingga Anda kesulitan harus memulai darimana melakukan rahasia tersebut. Oleh sebab itu, dalam artikel ini yang merupakan pengalaman pribadi dan hasil dari pengamatan saya selama terjun dalam dunia motivasi khususnya pengembangan diri, saya menyederhanakan rahasia tersebut menjadi 2 M yaitu Mindset dan Mental.
Mindset Sang Pemenang
Pepatah mengatakan bahwa “Musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri”. Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui apakah kita sudah memiliki keyakinan bahwa kita adalah seorang Pemenang. Keyakinan tersebut harus muncul dari dalam diri kita sendiri, karena kita lah yang paling mengetahui diri kita sendiri. Permasalahannya adalah, bagaimana menimbulkan keyakinan pada diri kita? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan menceritakan pengalaman saya ketika duduk di bangku sekolah. 
Ketika saya duduk di bangku sekolah, saya teringat dengan salah satu mata pelajaran IPA yaitu Biologi. Dalam pelajaran tersebut, guru saya menjelaskan bahwa manusia diciptakan dari 2 (dua) sel yaitu satu sel telur (ovum) wanita dan satu sel sperma pria. Dalam ovulasinya, wanita menghasilkan hanya 1 (satu) sel telur sedangkan sel sperma pria dinyatakan sehat jika memiliki kandungan sperma sebanyak 200 – 400 juta sel.
Pertanyaan kritis saya terhadap Guru Biologi saya pada waktu itu adalah “Pria menghasilkan demikian banyak sel sperma hingga ratusan juta, namun mengapa yang dibutuhkan hanyaSATU?”. Jawaban Guru saya pada waktu itu adalah “Itulah yang disebut Rahasia Alam”. Pelajaran itulah yang kemudian menginspirasi dan mempengaruhi saya bahwa Tuhan Yang Maha Esa sungguh luar biasa dengan menciptakan manusia melalui proses penciptaan kita yang luar biasa pula. Bayangkan dari ratusan juta sperma hanya dibutuhkan SATU untuk menjadi seorang manusia, dan itulah sebabnya saya meyakini bahwa manusia DILAHIRKAN menjadi seorangPEMENANG !!!  Keyakinan inilah yang selalu saya tanamkan dalam diri saya, dan saya harap demikian pula dengan Anda
Mental Sang Pemenang
M yang kedua adalah Mental. Mental yang saya maksudkan adalah semangat pantang menyerah. Kualitas seorang Pemenang tidak ditentukan berapa banyak kegagalan yang telah dialami, namun berapa kali kita bangkit setelah mengalami kegagalan tersebut.
Winston Leonard Spencer Churchill, pria kelahiran 30 November 1874, yang dikemudian hari dikenal dengan nama Sir Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris pada masa Perang Dunia II, sangat terkenal dengan orasi atau pidato nya yang sangat menggugah semangat khususnya di masa perang dunia.
Salah satu pidato nya yang sangat terkenal pada tanggal 29 Oktober 1941 ketika Sir Winston Churchill mengunjungi sekolah Harrow sekaligus memberikan pidato kepada siswa sekolah tersebut. Ketika Sir Winston Churchill diundang maju keatas podium, dengan penuh percaya diri Sir Winston Churchill segera mengambil tempat yang telah disediakan. Setelah mencapai podium, Sir Winston Churchill meletakkan topi kesayangannya dan dengan seksama mengamati para siswa dan tidak mengucapkan sepatah katapun hingga para siswa mulai bertanya-tanya apa yang hendak disampaikan oleh orator ulung tersebut. Sir Winston Churchill kemudian memulai pidatonya dengan mengucapkan “Jangan Pernah Menyerah”
Kemudian, Sir Winston Churchill melihat kepada para siswa sebelum mengucapkan kembali kalimat “Jangan Pernah Menyerah” untuk kedua kalinya. Para siswa seakan tidak percaya mendengar kalimat sederhana tersebut dan menantikan penjelasan yang lebih lama dari Perdana Menteri Inggris tersebut. Kemudian, Sir Winston Churchill untuk terakhir kalinya mengatakan “Jangan Pernah Menyerah”, mengambil topi dan segera meninggalkan podium. Pidato singkat dengan durasi 10 menit yang kemudian menjadi sangat terkenal di dunia.
Demikian pula dengan Anda, dalam hidup ini, menjadi seorang Pemenang bukanlah hal yang mudah, seringkali kita mengalami kegagalan demi kegagalan, yang seringkali memaksa kita untuk menyerah. Jika Anda merasakan hal demikian, ingatlah cerita Sir Winston Churchill tersebut diatas.



Sumber :kompasiana.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More