Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Tips Bertahan dan Sukses


Tahun 2011, ancaman krisis pangan mengintai dunia, tak terkecuali Indonesia. Hal itu disebabkan kegagalan panen terjadi di seluruh bagian dunia akibat cuaca ekstrim, antara lain gelombang panas dan kebakaran hutan di Rusia (Juni 2010), banjir akibat hujan lebat di Pakistan, longsor akibat hujan lebat di China (7 Agustus 2010), pecahnya es di Greenland (5 Agustus 2010), kekeringan dan kebakaran di Australia, suhu panas di Amerika. Dilaporkan bahwa secara global kenaikan harga pangan dunia mencapai 35 persen.

Di Indonesia kegagalan panen juga terjadi di berbagai wilayah dikarenakan hama dan juga bencana alam yang beruntun. Harga kebutuhan pokok pun melambung. Diperkirakan situasi pangan di Indonesia masih suram tahun 2011.

Meskipun demikian, bukan berarti kita harus pesimis. Masih ada yang dapat kita lakukan untuk mengatasi situasi krisis tersebut dan menjalani tahun depan dengan optimisme dan menyongsong kesuksesan. Setidaknya kita harus mampu bertahan sebelum memperbarui keadaan menjadi lebih baik lagi.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar mampu bertahan, di antaranya adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih berhemat. Usahakan membeli barang diskon, tidak tergiur berhutang karena bunga kredit yang murah, melakukan perawatan sendiri di rumah bukan di salon mahal, dan lain sebagainya. Intinya kita harus lebih pandai membedakan mana kebutuhan yang harus dipenuhi dan mana kesenangan yang tak akan ada habisnya. Kecerdasan mengelola uang dan meredam pengeluaran akan membuat Anda mampu bertahan.

Di samping itu, perhatikan pola pikir, karena pola pikir akan sangat mempengaruhi tindak tanduk Anda. Kunci keberhasilan melewati krisis dengan membawa sukses bergantung kepada cara berpikir yang positif dan optimis. Jangan melihat kehadiran krisis ini sebagai masalah, melainkan sebagai peluang. Memang butuh usaha lebih serius untuk dapat selalu fokus pada kesempatan dan melihat keberhasilan.

Setelah cukup optimis dan melihat peluang, selanjutnya adalah menetapkan visi, karena visi memungkinkan Anda untuk selalu semangat berusaha. Seorang yang memiliki visi tak akan dipusingkan oleh kesulitan yang menghadang, tetapi ia akan selalu berpikir dan berjuang agar segera berhasil. Itulah mengapa Anda harus selalu mengembangkan visi, sehingga dapat melihat peluang dan bermacam potensi pendukungnya.

Sementara itu, bekali diri dengan keterampilan yang memadai, karena keterampilan merupakan alat untuk memecahkan masalah. Setiap orang pasti memiliki keterampilan tertentu, misalnya keterampilan yang berasal dari hobi bernyanyi, menyulam, memasak, perawatan kecantikan, memelihara burung, program komputer, menulis, olah raga, membuat game, marketing produk dan lain sebagainya. Jika keterampilan-keterampilan itu dikembangkan dan Anda menjadi lebih profesional, tentu Anda akan lebih mudah menggunakannya sebagai alat untuk menciptakan kesuksesan yang lebih besar.

Cobalah mengembangkan peluang di bidang yang Anda sukai. Tawarkan jasa maupun produk Anda melalui kenalan dan kerabat atau internet. Pelayanan yang baik serta produk yang unik dan berkualitas akan memudahkan Anda mendapatkan pelanggan, sekaligus menjadikan mereka sebagai agen pemasaran yang hebat dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Didukung dengan manajemen yang bagus, maka usaha Anda tentu tak akan kalah bersaing dan berkembang pesat walaupun di masa krisis.

Kunci sukses lainnya adalah informasi. Anda akan selalu membutuhkan informasi-informasi untuk memprediksi tantangan maupun kecenderungan pasar, peluang usaha, mengembangkan kreatifitas atau menciptakan inovasi, menjadi lebih cekatan dan fleksibel, menjaga pikiran tetap positif, optimis dan semangat berusaha, dan lain sebagainya. Namun Anda juga harus pandai menyaring informasi, dengan hanya mengambil informasi penting. Abaikan informasi-informasi yang tidak perlu, misalnya tentang gosip artis, perselisihan, pandangan negatif tentang diri Anda dan informasi negatif lainnya, karena hanya akan menghabiskan waktu dan mengacaukan fokus pikiran Anda pada pencapaian prestasi.

Selain itu, Anda juga harus pandai menerapkan manajemen yang baik dalam hidup, mengelola keuangan maupun dalam menjalankan usaha. Kemampuan dalam memanajemen segala sesuatu akan membuat Anda mampu mengambil tindakan yang tepat dalam situasi sesulit apapun dan mampu meminimalkan dampak negatif. Dengan menerapkan manajemen yang baik maka Andapun memiliki daya adaptasi yang tinggi untuk bertahan dan sukses di masa krisis seperti saat ini.

Di sela keseriusan berusaha, jangan lupa meningkatkan kekuatan spiritual. Dengan kekuatan spiritual kita akan mampu berbesar hati dan bertindak serta berpikir positif dalam menghadapi bermacam tantangan sulit. Kekuatan spiritual akan membuat pikiran lebih tenang, optimis dan fokus pada usaha pencapaian bukan pada kesulitan.

Dalam situasi sesulit apapun, termasuk dalam masa krisis seperti sekarang, sebenarnya masih ada peluang-peluang yang dapat membuat kita lebih sukses. Tugas kita hanyalah melatih pikiran untuk selalu dapat menemukan peluang tersebut dan mengerjakan peluang itu dengan baik. Semoga beberapa tips di atas dapat memberi Anda secercah inspirasi dan motivasi untuk mengubah krisis menjadi tambang emas dan mencetak kesuksesan di masa datang.
Sumber : andriewongso.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More