Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Wirausaha Masih Sulit Dapat Modal

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengakui entrepreneur atau wirausahawan masih kesulitan mendapat modal. 

"Entrpreneur butuh modal, namun seringkali masih sulit untuk memperoleh, terutama bagi pemula," kata Mari usai menutup acara Innovative Leaders Forum (ILF) 4 bertema Creative Entrepreunership di Tengah Badai di Hotel Le Meridien, Jakarta. "Karena itu, sekarang sudah berkembang modal ventura untuk para pemula."


Menjadi seorang entrepreneur, menurut Mari, membutuhkan sedikitnya tiga hal. Selain modal, juga harus mempunyai strategi pasar dan teknologi. "Ide yang baik saja tidak cukup, tantangannya bagaimana mengembangkan ide itu menjadi produk dan ada pasarnya," ujarnya.

Selanjutnya, setelah menemukan pasar, entrepreneur juga harus menjawab tantangan bagaimana memperbaiki kemasan atau desain sesuai dengan karakteristik segmen pasar.

Untuk mengembangkan entrepreneurship, kata Mari, pemerintah akan memberi kesempatan, menciptakan iklim yang kondusif, dan memberi pelatihan. "Termasuk membantu mereka untuk bisa mengidentifikasi apakah yang diproduksi ada pasarnya," ujarnya.

Beberapa sektor, menurutnya, masih memungkinkan untuk dikembangkan wirausaha-wirausaha baru. Di antaranya, industri makanan minuman dan kerajinan. "Beberapa industri kreatif lainnya juga berpotensi, seperti fashion dan musik," katanya.
Sumber : vivanews.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More