Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Miniatur Binatang dari Kaleng Bekas


Tidak banyak dari kita yang memiliki ide untuk memanfaatkan kaleng bekas untuk menjadi produk bermanfaat. Padahal dengan kreativitas dan ketelatenan, kaleng bekas bisa disulap menjadi benda berguna bahkan mendatangkan uang.

Adalah Kusnudin, yang memiliki ide ini dari ketidaksengajaan. Kala itu, kotak kunci mobil angkot dilubangi tikus. Lalu bapak dua anak ini menutupnya dengan kaleng bekas. ''Pagi harinya sudah seperti ini,'' katanya sambil menunjukkan kaleng itu menyerupai guntingan gigi sisir.

Dari kejadian itulah, suami Rini Suariyah itu terinspirasi membuat kerajinan dari kaleng bekas. Tidak ada bekal khusus yang dimilikinya untuk memulai usaha tersebut. Sebelum merintis usaha itu, ia bekerja sebagai supir angkot. Di rumahnya yang sekaligus bengkel kerja di Desa Pungangan Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ia membuat berbagai patung hewan dari kaleng bekas. Diantaranya berbagai macam unggas hingga macan.

Mendaur ulang kaleng bekas menjadi karya kreatif tidak terlalu sulit. Kaleng yang digunakan Kusnudin sebagai bahan dasar adalah kaleng tiner dan oli, karena memiliki ketebalan 0,2 mm. Kaleng-kelang bekas ini dibelinya dari pemulung. Proses pembuatan kerajinan dimulai dari kaleng dicuci dengan air, selanjutnya kaleng yang telah bersih dipotong sepanjang 20-40 cm. Lembaran potongan kaleng ini digunting menggunakan tang, hingga menyerupai gigi sisir. ''Setelah itu, satu per satu guntingan kaleng ini diplintir pakai tang sebanyak empat kali.''

Tiap patung dari kaleng bekas ini dijual berkisar antara Rp100.000 hingga Rp26 juta per biji. Saat ini pesanan terus mengalir ke Kusnudin. (*/SM)





Sumber : ciputraentreprenuerchip.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More