Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Brainstorming


“Melakukan Brainstorming Berarti Bahwa Setiap Orang Wajib Mengeluarkan Ide Sebanyak Mungkin Dan Tidak Wajib Mempertentangkan Ide – Ide Yang Ada.” – Djajendra
Sebuah ide tidak harus luar biasa, tapi cukup biasa-biasa saja, dan yang penting bahwa ide yang biasa-biasa tersebut dapat dikerjakan dengan cara-cara luar biasa kreatif. Kami percaya bahwa setiap orang punya ide atau pandangan hidup yang layak diajak untuk memperkaya tujuan, misi, visi, dan juga budaya organisasi.

Salah satu teknik atau cara untuk memperkaya ide dari tujuan, misi, visi, dan budaya organisasi adalah melalui brainstorming. Tujuan utama dari brainstorming adalah untuk menghasilkan sejumlah besar ide dalam waktu singkat dari banyak orang secara adil, wajar, terbuka, dan beretika.
Dalam brainstorming setiap orang harus patuh pada aturan yang dibuat. Aturan harus dibuat untuk mendapatkan ide-ide yang lebih baik untuk sebuah tujuan yang sedang diperjuangkan. Artinya, setiap peserta brainstorming terikat secara etika dan moral untuk tidak memperdebatkan sesuatu, tapi hanya memfokuskan diri masing-masing untuk mengeluarkan ide, bukan untuk saling mempertahankan ide melalui diskusi panjang lebar.
Brainstorming tidak sama dengan diskusi. Dalam diskusi setiap orang berhak mempertahankan ide yang dimiliki dengan berbagai argumen yang masuk akal, tapi dalam brainstorming setiap orang wajib menampilkan ide dan membangun ide satu sama lain, tanpa mempertentangkan atau mempertanyakan ide-ide yang ada.
Salah satu syarat terpenting dalam melakukan brainstorming adalah bahwa setiap orang wajib mempunyai ide untuk disampaikan. Hal terburuk dalam brainstorming adalah bila seseorang sama sekali tidak memiliki ide. Oleh karena itu, setiap peserta sebelum mengikuti forum brainstorming harus diberitahukan terlebih dahulu tentang topik yang dibahas, dan juga harus diinformasikan bahwa tidak tahu ??adalah ide yang buruk dalam forum brainstorming.
Brainstorming ini sangat tepat digunakan saat organisasi menginginkan pokok-pokok pikiran atau isi hati dari para karyawannya dalam membangun budaya organisasi, mencapai tujuan strategis organisasi, dan juga untuk hal-hal lain yang bersifat mendapatkan dukungan dari setiap orang di dalam organisasi.
Kumpulan ide-ide dari hasil brainstorming ini harus ditindaklanjutkan untuk mendapatkan hasil akhir yang mencerminkan keinginan, harapan, impian, dan cita-cita dari setiap orang di dalam organisasi terhadap kemajuan organisasinya.
Pengalaman saya dalam memanfaatkan brainstorming untuk menyatukan dan mengkompakan perilaku karyawan terbukti sangat luar biasa.

Sumber : djajendra-motivator.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More