Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Meningkatkan Kinerja Usaha


“Bayarlah Karyawan Anda Dengan Gaji Yang Memenuhi Kebutuhan Dan Kenyamanan Hidup Mereka, Dan Yakinlah Bahwa 95% Dari Mereka Akan Memberikan Kualitas Terbaik Untuk Usaha Anda.” Djajendra
Suatu ketika ada seorang pengusaha tekstil yang bertanya kepada saya tentang cara terbaik untuk meningkatkan kinerja usahanya. Dalam kesempatan itu saya sampaikan bahwa cara terbaik untuk meningkatkan kinerja usaha adalah dengan memiliki teknologi produksi yang mampu menghasilkan produk berkualitas dengan biaya rendah, agar produknya bisa memangkas harga pasar untuk mendapatkan pangsa pasar terbesar.

Setelah mendengar jawaban dari saya, pengusaha tekstil tersebut merasa tidak puas, dia berbicara tentang banyak faktor-faktor lain, terutama tentang kualitas sumber daya manusia dan faktor sosial ekonomi yang tidak efisien, yang sangat mempengaruhi kinerja usahanya. Dia merasa banyak sekali biaya-biaya di luar biaya produksi yang membuat produknya menjadi mahal dan sulit bersaing, sehingga secara akumulasi kinerja usahanya mengalami tren penurunan.
Setelah mendengar curhat dari pengusaha tekstil tersebut, saya berkata “Saya sangat menyadari bahwa kinerja usaha sangat tergantung kepada banyak faktor, tapi kuncinya terletak kepada teknologi dan sumber daya manusia yang mampu menghasilkan produk berkualitas berbiaya murah untuk memenangkan kompetisi di pasar.  Tentang hal-hal yang terkait dengan biaya-biaya di luar biaya produksi adalah masalah kualitas manajemen. Bila saja tim manajemen menjalankan fungsi dan perannya sesuai nilai-nilai good corporate governance melalui panduan etika bisnis yang berintegritas, maka saya yakin efisiensi dan efektifitas usaha akan dengan sendirinya menjadi sangat kompetitif.”
Sering sekali pengusaha lebih suka mencari kekurangan dari luar kendali dirinya untuk dijadikan alasan atas penurunan kinerja usahanya. Padahal, ada banyak hal yang harus mereka lakukan secara internal untuk bisa mengaktifkan operasional usaha yang lebih berkualitas, efisien, efektif, dan produktif. Menurut saya, ada tiga aspek terpenting yang harus selalu diperhatikan, yaitu: kualitas bahan baku, kualitas sumber daya manusia, kualitas mesin dan teknologi produksi. Bila ketiga kualitas ini dapat dioptimalkan melalui tim manajemen yang cerdas dan berintegritas, maka pastilah perusahaan tersebut akan menjadi kuat dan memenangkan kompetisi di pasar.  Integritas tim manajemen puncak untuk menyediakan alat-alat produksi berkualitas terbaik, serta selalu melatih dan memperhatikan kenyamanan dan keamanan kerja dari sumber daya manusianya, akan menjadikan perusahaan mampu berkinerja maksimal sesuai proyeksi perusahaan. Termasuk, strategi bisnis yang cerdas dan kreatif akan menjadi alat motivasi yang kuat buat sumber daya manusia perusahaan untuk bekerja lebih giat dalam mencapai kinerja sesuai harapan.
Di saat tim manajemen puncak mampu menyiapkan infrastruktur berkualitas terbaik untuk semua aktivitas operasional dan strategi perusahaan, serta mampu memenuhi kebutuhan dan harapan dari sumber daya manusia, maka setiap orang di dalam perusahaan akan merasa memiliki tanggung jawab moral untuk tetap teguh dan akan terus maju mengejar kinerja terbaik mereka. Mereka akan bekerja lebih keras dan lebih cerdas untuk memberikan kontribusi terbaik buat peningkatan kinerja usaha.
Kinerja usaha sangat tergantung kepada kemampuan dan integritas sumber daya manusia untuk menerjemahkan strategi bisnis dalam satu misi bersama menuju kepada proyeksi kinerja yang diharapkan. Artinya, strategi bisnis perusahaan tidak hanya cukup dipahami oleh sekelompok kecil elit pimpinan perusahaan, tapi harus diterjemahkan dalam berbagai bahasa manajemen dan operasional untuk dipahami oleh semua lapisan sumber daya manusia perusahaan; agar mereka tahu dan mengerti apa yang harus mereka kontribusikan dari bakat dan potensi mereka untuk peningkatan kinerja usaha perusahaan. Bila karyawan tidak mampu menerjemahkan strategi perusahaan dalam upaya meningkatkan kinerja usaha, maka hasilnya: semua energi sumber daya manusia akan terbuang percuma, tim manajemen puncak akan kehilangan waktu untuk mengejar kinerja sesuai proyeksi, dan kinerja usaha dari perusahaan akan terus berkurang dan menurun.

Sumber : djajendra-motivator.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More