Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Sampaikan Presentasi Sesuai Pengetahuan, Wawasan, Dan Niat Anda


“Pendengar Anda Membutuhkan Hal-Hal Terbaru Dari Anda, Oleh Karena Itu, Siapkan Presentasi Anda Dari Sudut Pandang Yang Baru.” – Djajendra
Sikap percaya diri dan kecerdasan saja masih belum cukup dalam memberikan presentasi kepada orang lain. Anda harus menguasai materi presentasi untuk bisa mengatakan sesuatu yang lebih baik kepada orang lain. Sebab, sering sekali para pendengar Anda adalah orang-orang yang luar biasa cerdas, dan biasanya mereka sangat menguasai teori, konsep, dan praktik dari hal-hal yang Anda bicarakan.

Salah satu trik dalam memberikan presentasi terbaik adalah memfokuskan materi presentasi sesuai dengan pengetahuan dan wawasan terbaik yang Anda miliki. Bila Anda merasa masih belum total menguasai suatu persoalan, sebaiknya tunda dulu untuk memberikan presentasi, pelajari dulu semua materi secara total dan menyeluruh, setelah Anda merasa memahami materi dari A sampai Z, barulah Anda berhak tampil dihadapan orang lain untuk membahasnya.
Katakanlah apa maksudmu, demikian tulis Tony Benn di presentation magazine. Tony Benn adalah politikus veteran dan pembicara terkenal. Tony Benn memberi beberapa saran untuk sebuah presentasi yang baik.
1. Katakanlah Apa Yang Anda Maksud.
Tony Benn menyarankan agar dalam setiap penyampaian pidato atau presentasi harus sesuai dengan suara hati atau niat yang akan disampaikan. Hal-hal yang tidak diniatkan untuk dibicarakan, jangan pernah dibicarakan pada saat presentasi tersebut.
2. Artikan Apa Yang Anda Katakan.
Tony Benn menyarankan agar setiap ucapan yang disampaikan harus memiliki arti atau makna yang jelas dan mudah dicerna oleh logika dan akal sehat.
3. Jangan Membuat Serangan Pribadi.
Tony Benn menyarankan, apa pun pendapat dan sikap peserta, pembicara harus mendengarnya, dan tidak boleh merasa tersinggung lalu menyerang balik.
4. Dengarkan Dengan Hormat.
Tony Benn menyarankan untuk selalu mendengarkan suara hati pendengar dengan bijaksana, peduli, dan penuh toleransi.
5. Mendorong Orang.
Tony Benn menyarankan untuk selalu mendorong semangat dan rasa percaya diri para pendengar. Artinya, seorang pembicara tidak hanya menyampaikan materi presentasi, tapi juga memiliki tanggung jawab untuk mendorong orang lain menjadi lebih baik.

Sumber : djajendra-motivator.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More