Apa yang membuat sebuah perusahaan
atau sebuah bisnis lebih baik daripada kompetitornya atau menjadi terbaik
didalam industri itu atau menjadi terkenal di masyarakat luas. Sebenarnya kalau
kita pilah-pilah kompetitif evented atau keunggulan komparatif ada 3 hal yang
perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut :
1.
Aset yang terlihat atau fisik
Adalah
aset yang dimiliki perusahaan yang berupa fisik seperti lokasi yang bagus dan
gedung yang tinggi.
2.
Aset yang tidak terlihat
Yang
termasuk aset perusahaan yang tidak terlihat misalkan brand, dan pengakuan
konsumen.
3.
Kemampuan
kemampuan
disini bisa dimisalkan seperti Toyota yang mampu membuat produk dengan sangat
efesien , low cost dan high quality.
Maka
kalau kita lihat selalu kompetitif dalam keunggulan komparatif ketika kita
membandingkan diri kita dengan orang lain tidak akan lepas dari 3 hal tersebut
diatas. Tujuannya adalah sama yaitu membuat hal, barang atau jasa yang lebih
efesien, menciptakan bagaimana kita lebih murah tapi barangnya sama atau kita
membuat lebih bagus dibandingkan orang lain. Hanya 2 hal ini saja yang selalu
selalu dalam masyarakat kita dan kalau barang itu langka, barang itu dimaui
orang dan cocok untuk kebutuhan bisnis maka kita akan sukses besar.
Sebenarnya kita harus selalu
mengevaluasi keseluruhan hal tersebut secara berkala dan berpikir tentang isu
yang berkembang “sebenarnya kelebihan kita dibandingkan orang lain itu apa
sih?” lalu “Apakah kita bisa mempertahankan kelebihan itu untuk jangka waktu
yang panjang?” kalau tidak bisa berhati-hatilah karena kita harus memeperbaiki
diri segera.
Dirangkum
oleh Mas sukrok (tim blocknotinspire) dari cd audio book Bisnis Wisdom by Bpk.
Tanadi Santosa