Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Alvia Al-Hadi, Mandiri Berkat Keladi Tikus


Ada begitu banyak anak muda Indonesia yang sukses dengan entrepreneurship. Alvia Al-Hadi merupakan salah satu di antara banyak anak muda tersebut yang menjadi salah satu pusat perhatian publik dalam event megah Wirausaha Mandiri 2011. Pemuda 21 tahun ini tengah naik daun berkat usahanya mengolah tanaman keladi tikus. Tanaman bernama Latin, Typhonium Flagelliforme yang banyak diteliti dan dibuktikan secara ilmiah dapat memerangi pertumbuhan sel-sel kanker.

Adapun ciri-ciri tanaman keladi tikus ialah golongan rerumputan, menyerupai talas. Keladi tikus juga cenderung tumbuh berumpun. Tanaman keladi tikus yang baru tumbuh memiliki daun yang biasanya berbentuk bulat sedikit lonjong. Keladi tikus yang sudah tua daunnya hijau halus berujung runcing menyerupai anak panah.

Adi-begitu pemuda ini disapa- ialah seorang mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak yang semula belum mengetahui khasiat medis keladi tikus. Minatnya kepada tanaman sejenis talas tersebut berawal dari rasa ingin tahunya setelah mendengar dari temannya bahwa tanaman ini menjadi fokus penelitian pengobatan kanker beberapa ilmuwan. Salah satu negara asal ilmuwan yang pernah meneliti khasiat anti kanker keladi tikus ini ialah Malaysia. Seorang warga Indonesia bernama Drs. Patoppoi Pasau diketahui telah mengadakan penelitian tentang keladi tikus yang pertama (1995) dan hasilnya mampu membantu banyak penderita kanker untuk bertahan hidup.

Begitu mengetahui khasiat keladi tikus yang dahsyat, Adi tak ragu untuk menjadikannya sebagai sebuah peluang bisnis emas. Bekerjasama dengan UKM yang menghasilkan obat-obatan berbahan dasar tanaman berkhasiat tersebut, Adi membudidayakan keladi tikus. Perguruan tinggi tempat Adi menuntut ilmu pun seolah tak mau berpangku tangan membiarkan mahasiswa kreatifnya ini berusaha sendiri. Politeknik Negeri Pontianak memberikan Adi bimbingan dan bantuan keuangan yang memungkinkan usaha skala kecil tersebut dapat berkembang lebih besar.

Perjalanan Adi mengeksplorasi dunia bisnis keladi tikus cukup berliku-liku. Ia harus menemukan cara yang aman dan sehat untuk mengkonsumsi keladi tikus. Ia pun harus berjuang menemukan beberapa mitra untuk usaha produksi dan pengemasan keladi tikus menjadi bentuk kapsul.

Usaha distribusi menjadi fokus berikutnya setelah usaha produksinya cukup mapan. Adi bekerja keras mendapatkan penyalur kapsul-kapsul keladi tikus produksinya ke pasar yang seluas-luasnya. Berkat kegigihannya, produk keladi tikus buatannya telah menembus seuruh provinsi di tanah air.

Alvia Al-Hadi menjadi salah satu teladan bagi generasi muda kita untuk sedapat mungkin mengolah potensi alam yang melimpah ruah. Dengan usahanya tersebut, Adi tak hanya memenuhi kebutuhan finansialnya sendiri sebagai seorang mahasiswa secara Mandiri tetapi juga mendapat peluang untuk membuktikan bahwa anak muda meski masih minim pengalaman dan pengetahuan yang bisa menekuni bahkan mencetak prestasi di dunia entrepreneurship sejak dini.

Sumber : okezone.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More