Kepuasan
pelanggan yaitu respon atau tanggapan yang diberikan para konsumen
setelah terpenuhinya kebutuhan mereka akan sebuah produk ataupun jasa, sehingga
para konsumen memperoleh rasa nyaman dan senang karena harapannya telah
terpenuhi. Selain itu kepuasan pelanggan juga sering dijadikan sebagai salah
satu tujuan utama dari strategi
pemasaran bisnis, baik bisnis yang dijalankan dengan memproduksi
barang maupun bisnis jasa.
Keberhasilan strategi
pemasaran suatu usaha dapat dicapai jika kepuasan pelanggan telah
terpenuhi. Namun untuk memperoleh kepuasan pelanggan tidaklah mudah, karena
tiap pelanggan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda – beda walaupun
membutuhkan produk yang sama. Proses pemenuhan kepuasan pelanggan tidak hanya
membutuhkan produk atau jasa yang berkualitas saja, namun juga membutuhkan
adanya sistem pelayanan yang mendukung. Sehingga para pelanggan akan merasa
senang dengan produk atau jasa yang dibutuhkan, serta nyaman dengan pelayanan
yang diberikan.
Adanya
kepuasan pelanggan ternyata juga dapat mempengaruhi omset penjualan yang
dihasilkan. Jika pelanggan merasa puas akan suatu produk maka permintaan akan
meningkat dan omset penjualan pun ikut naik, sebaliknya jika pelanggan tidak
merasa puas maka permintaan akan menurun begitu juga dengan omset
penjualannya. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan yaitu,
pelanggan yang kurang puas dengan suatu produk tidak akan membeli ataupun
menggunakan lagi produk yang kita tawarkan. Selain itu pelanggan yang
kurang puas juga dapat menceritakan kepada konsumen lain tentang keburukan
produk yang mereka dapatkan, sehingga dapat menimbulkan citra buruk di kalangan
para konsumen. Untuk itu, berikut kami berikan beberapa strategi
meningkatkan kepuasan pelanggan, agar dapat terhindar dari kemungkinan
buruk seperti diatas :
Berikan
produk yang berkualitas, serta bebas dari kerusakan ataupun kecacatan saat
sampai di tangan pelanggan. Sebaiknya cek terlebih dahulu kualitas produk atau
jasa yang akan diberikan kepada pelanggan
Berikan
kualitas pelayanan yang ramah, ketepatan waktu penyampaian, serta menggunakan
sistem yang mudah dipahami para pelanggan. Sehingga para pelanggan tidak merasa
kesulitan dengan pelayanan yang diberikan, baik pelayanan langsung maupun
pelayanan online
Fokus
pada kepentingan atau pencapaian kepuasan pelanggan, sehingga produk serta
pelayanan yang diberikan dapat memenuhi harapan pelanggan
Memperhatikan harga produk maupun biaya pelayanan
yang sesuai dengan kondisi pasar saat ini, serta sesuaikan dengan nilai produk
atau jasa yang ditawarkkan. Karena pelanggan akan membandingkan antara biaya
yang dikeluarkan dengan manfaat yang diperoleh dari suatu produk
Berikan
jaminan keamanan dari produk maupun pelayanan yang diberikan, sehingga para pelanggan
percaya dengan produk ataupun jasa yang ditawakan dan akan terus menjadi
pelanggan setia perusahaan kita. Misalnya dengan mencantumkan ijin dari Badan
POM bagi produk makanan dan obat.
Setelah
memiliki beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan
pelanggan, langkah berikutnya Anda dapat mengukur kepuasan pelanggan Anda
dengan beberapa cara sederhana berikut :
Menggunakan
sistem saran dan kritik dari para pelanggan. Misalnya dengan menyediakan kotak
saran maupun kritik, atau menyediakan layanan telepon suara konsumen
Dengan
mengadakan survey kepuasan pelanggan. Biasanya dilakukan dengan memberikan
kuesioner pada pelanggan yang sedang membeli produk kita, atau dapat juga
melakukan survey dengan melakukan telepon acak untuk menanyakan pelayanan yang
selama ini telah diberikan
Dengan
mencoba menghubungi kembali pelanggan yang sudah lama tidak membeli produk
kita. Sehingga kita bisa mengetahui penyebab mereka berhenti berlangganan,
apakah karena kecewa dengan produk kita atau karena ada faktor lain. Sehingga
kita dapat mengevaluasi produk serta pelayanan yang selama ini diberikan.
Dengan
adanya penilaian kepuasan pelanggan kita dapat mengetahui kebutuhan yang
diinginkan para pelanggan. Yang berpengaruh pula terhadap omset penjualan produk.
Untuk itu berikan pelayanan prima bagi setiap pelanggan Anda, agar mereka
merasa senang dan nyaman dengan produk kita.
Sumber :
bisnisukm.com