Bisnis
jasa merupakan bisnis yang menjual layanan kepada para konsumen yang
membutuhkan. Berbeda dengan bisnis yang menjual barang, bisnis jasamenyediakan produk yang tidak
berwujud dan tidak menyebabkan kepemilikan apapun bagi konsumen yang
menggunakannya. Jika bisnis produk atau barang dapat dimiliki konsumen setelah
terjadi transaksi, bisnis jasa hanya bisa memberikan kualitas pelayanan yang
diharapkan pelanggan setelah mereka melakukan transaksi walaupun tidak dapat
memilikipelayanan tersebut seterusnya.
Dalam
menjalankan bisnis jasa, juga dibutuhkan adanya strategi
pemasaran. Namun sebelum menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan,
perlu diperhatikan bahwa strategi pemasaran
jasa berbeda dengan strategi pemasaran bisnis yang menyediakan produk
atau barang. Bisnis jasa lebih cenderung memberikan pelayanan kepada konsumen
dengan berhubungan langsung, oleh karena itu bisnis jasa mengukur keberhasilan
strategi pemasaran dengan tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen.
Untuk
menghasilkan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan optimal.
Berikut kami berikan strategi tepat pemasaran jasa yang
dapat dicoba :
Berikan
pelayanan secara efisien. Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat
sesuai dengan harapan konsumen, secara tidak langsung mampu mempengaruhi
konsumen untuk kembali lagi menggunakan jasa yang kita tawarkan. Karena
biasanya konsumen tidak suka jika menunggu terlalu lama pelayanan yang mereka
harapkan.
Dalam
menjalankan pemasaran jasa, adanya peran karyawan yang menangani konsumen
dengan baik merupakan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Karena kinerja
karyawan menentukan citra perusahaan jasa.
Disamping
itu, tinggi rendahnya harga yang ditawarkan pelaku bisnis jasa sebaiknya di
sesuaikan dengan besar kecilnya manfaat yang diperoleh konsumen dari produk
jasa yang kita tawarkan. Semakin besar manfaat atau nilai yang dirasakan
konsumen, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan konsumen.
Gunakan
perkembangan teknologi serta inovasi untuk menghasilkan produk jasa yang mampu
memberikan solusi terbaik bagi para konsumen. Karena semakin canggih teknologi
yang digunakan, semakin cepat pula pelayanan yang diberikan untuk konsumen.
Sesuaikan
budaya yang berkembang saat ini. Karena peluang
pasar bisnis jasa juga dipengaruhi dengan budaya yang berkembang saat
ini.
Dari
beberapa cara pemasaran jasa yang telah dibahas, dapat disimpulkan bahwa
kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen menjadi pemasaran paling
tepat bagi bisnis jasa.
Kenyamanan, solusi tepat, pelayanan prima, dan keramahan karyawan menjadi kunci sukses bisnis jasa. Semoga informasi
stategi tepat pemasaran jasa dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis.
Sumber :
bisnisukm.com