Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Es Krim dari Kulit Pisang ala Mahasiswa Universitas Brawijaya

Kulit pisang tak hanya menjadi sampah organik tak berguna. Di tangan mahasiswa jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang kulit pisang menjadi es krim lezat bergizi. Kreasi Sayyidah Anggun, Ratna Dumilah, Ichwal Januraga, dan Eygina Yesphine ini berawal dari tugas kuliah.



"Dipilih kulit pisang yang bersih dan segar," kata Sayyidah Anggun, kemarin. Pengolahannya, kulit pisang dibersihkan direbus bersama air gula dan dihaluskan. Lantas dicampur dengan adonan es krim dan diberi berbagai macam aneka rasa sesuai selera.

Terdapat berbagai varian rasa seperti cokelat, capuccino, vanila, dan stroberi. Namun, untuk produksi massal mereka terkendala bahan baku. Karena tak ada pasokan kulit pisang dalam jumlah besar. Selama ini, mereka mengumpulkan dari pedagang pisang goreng.

Siapa sangka ternyata vitamin kulit pisang lebih besar dibandingkan buah pisang. Antara lain kulit pisang mengandung vitamin A, B, C, protein, kalsium, dan lemak nabati yang cukup. Es krim kulit pisang dinobatkan sebagai produk unggulan Fakultas Pertanian 2010. "Setiap cup dijual Rp 3 ribu," katanya.

Awalnya, mereka merencanakan kulit pisang menjadi bahan baku tas. Namun, proses produksinya justru membutuhkan biaya besar. Serta waktu pengerjaan yang lama. Sehingga mereka beralih memanfaatkan menjadi es krim. "Produk mereka unik dan inovatif," kata dosen perencanaan bisnis Heru Santoso Hadi. (Tempo.co)

Sumber : ciputraentrepreneurship.com 


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More