Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Tips Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah/Sekoah


Banyak kita temui mahasiswa/lulusan SMA sederajat yang baru lulus terpaksa menunggu beberapa lama untuk mendapatkan pekerjaan, “mengangur”dulu selama beberapa bulan.
Dari sudut pandang penilaian seorang konsultan HRD,penyebab utama gugurnya kandidat dalam bersaing mencari pekerjaan diantaranya karena kurangya pengetahuan dan kemampuan kandidat dalam teknik wawancara.

Hal tersebut biasanya di tandai dengan sikap nervous dan tegan dalam situasi wawancara pekerjaan,sehingga akan menyebabkan kandidat tidak fokus dan tidak efektif dalam menjawab pertanyaan interviewer.Terlebih lagi nervous akan menyebabkan kandidat tidak bisa ‘menjual” dirinya dengan optimal.
Solusinya tentu adallah dengan bersikap tenang ang di tunjang denga kemampuan berkomunikasi,dimana sikap tenang ini dapat diraih setelah kandidat memilki pengetahuan teknik wawancara yang baik.
Akan tetapi,seperti kata pepatah, “practice make perfect” ,satu faktor lain yang sangat berperan dalam menghadai situasi awncara pekerjaan adalah jam terbang.Pengetahuan teknik waancara yang baik,di sertai degan pengalaman praktek wawancara yang tinggi,akan menambah kepercayaan diri kandidat.
Untuk mencapai semua itu,berikut tips nya:
1. Memiliki pengetahuan teknik wawancara pekerjaan.Buku artikel tentang hal ini bisa ita dapatkan di toko uku ataupun di internet.Jangan khawatir mengenai biaya,karena banyak sekali artikel tentang tekik wawancara bisa didapatkan dengan geratis di internet.
2. Setahun sebelum perkiraan lulus kuliah/sekolah,melamar untuk beberapa pekerjaan yang diminati,katakan di surat lamaran,bahwa saaat ini anda masih kuliah/sekolah,namun dalam persiapan skripsi/mengikuti ujian akhir.
3. Saat melamar,jika calon pemberi kerja (perusahaan) mensyaratkan untuk mengirimkan berkas lamaran melalu pos,maka sebaiknya hanya menyertakan surat lamaran dan Curiculum Vitae (CV) atau riwayat hidup dan informasi-informasi lain yang anda anggap dapat mendukung kesuksesan anda alam peerjaan tersebut.
4. Untuk pekerjaan atau jabatan yang tidak harus memiliki latar belakang pendidikan khusus,seperti dokterakuntan,arsistek atau engineer,maka walaupun calon pemberi kerja (perusahaan) telah mensyaratkan latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan anda,jangan “takut” untuk tetap melamar.
Alasannya adalah,bagi perusahaan pemberi kerja,persyaratan latar belakang keilmuan biasannya hanya merupakan suatu keutamaan saja ,kalau ada kandidat dengan bidang keilmuan yang berbeda namun memiliki kopentensi dan pengalamn yang sesuai dengan pekerjaannya,tidak akan menjadi masalah.
Contohdalam hal ini biasanya suatu lowongan pekerjaan untuk menjadi staf hubugan masyarakat,walaupun telah disyaratkan yang di cari adalah kandidat dengan latar belaang ilmu komunikasi,maka membuat anda yang berasal dari bidang ilmu lainnya silahkan melamar saja.
Pengecualian bila calon pemberi kerja adalah bukan perusahaan melainkan departemen atau badan pemerintah,mereka sangat ketat sekali dalam hal ini,mugkin dikarenakan banyaknya peminat ssehinga perlu ada pembatasan dari sisi administrasi.
5. Upayakan miliki pengalaman kerja semasa anda kuliah/sekolah,walaupun hanya berupa peraktek kera,atau pekerjaan paruh waktu,dan cantumkan pengalaman kerja ini dalam CV anda.
6. Aktivitas beroganisasi perlu juga disertakan saat menuliskan CV,sebab biasanya aktivitas organissi banyak membari kematangan dalam berinteraksi dan berkomunikasi yang tentunya di butuhkan juga dalam dunia kerja .
Semoga sukses mendapat pekerjaan impian anda ya…?

Sumber : kompasiana.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More