Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Sukses Marketing Pahami Dulu Rahasianya


Banyak yang bilang memahami ilmu marketing itu gampang-gampang susah. Dikatakan gampang karena tebukti tidak sedikit para marketer yang berhasil mengantarkan bisnisnya memenangkan persaingan pasar. Namun, tak bisa kita pungkiri pula bila sekarang ini banyak pelaku pasar yang menemui jalan buntu, hingga akhirnya mereka menyerah di tengah jalan karena strategi pemasaran yang dijalankannya belum memberikan dampak maksimal bagi perkembangan roda bisnisnya.

Pengalaman seperti ini tentu sudah sering kita temui di lapangan. Lalu, bagaimana caranya agar  pemasaran bisnis kita bisa terhindar dari jalan buntu? Pada kesempatan kali ini sengaja kami informasikan kepada para pembaca mengenai empat faktor penting yang perlu diperhatikan dalam menjalankan strategi marketing.
1.    Kenali perilaku konsumen Anda
Ibarat kata orang “Tak kenal maka tak sayang.” Dalam berbisnis pun Anda juga harus mengenal konsumen terlebih dahulu, sebelum akhirnya mendapatkan perhatian dari mereka. Faktor ini cukup penting, agar Anda tidak salah sasaran dalam memberikan penawaran. Misalnya saja Anda membidik konsumen anak muda, maka penawaran yang Anda lempar juga harus sesuai dengan karakter anak muda yang biasanya cenderung dinamis, fun, dan enerjik.
2.    Datanglah pada waktu yang tepat
Selain mengenali karakter setiap konsumen, faktor kedua yang perlu Anda perhatikan adalah memperhitungkan waktu atau momentum dengan cermat, tepat dan cepat. Meskipun Anda mempromosikan produk dengan sangat meyakinkan, namun bila Anda menawarkannya di waktu yang kurang tepat, maka hasil yang didapatkan juga belum bisa maksimal. Contoh sederhana bisa Anda lihat dari pengalaman para pedagang es (minuman dingin) di musim penghujan, tentunya omset yang mereka dapatkan tidak sebanyak omset penjualan di musim kemarau (panas). Karena itu, pahami momentum yang ada dan tawarkan produk yang sekiranya potensial.
3.    Berikan penawaran yang produktif
Faktor ketiga adalah memberikan penawaran yang produktif bagi konsumen. Yang dimaksudkan produktif disini yaitu mencakup kualitas produk yang ditawarkan, memberikan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan target pasar yang dibidik, serta memperhatikan kreativitas para pelaku pasar dalam menyusun strategi promosi yang menarik.
4.    Sampaikan pesan dengan efektif
Yang terakhir, perhatikan komunikasi pemasaran yang Anda sampaikan kepada calon konsumen. Poin ini menjadi salah satu faktor penting yang menentukan sukses tidaknya penawaran yang Anda sampaikan. Bila Anda bisa menyampaikan pesan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan bila pada akhirnya konsumen akan melakukan transaksi pembelian. Sekarang ini konsumen sudah sangat cerdas, karena itu bangun komunikasi dua arah agar keterikatan konsumen dengan Anda selaku marketer bisa terjalin dengan baik.
Semoga informasi tips pemasaran yang mengangkat sukses marketing pahami dulu rahasianya ini, bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula untuk mengoptimalkan pemasaran bisnisnya. Mulailah dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Salam sukses.


Sumber : bisnisukm.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More