Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Trik Menemukan Mitra Bisnis di LinkedIn

Bagi mereka yang belum mengenal LinkedIn, situs ini bisa dikatakan sebagai sebuah situs layanan jejaring sosial yang menyasar pada kalangan profesional atau pebisnis. LinkedIn didirikan pada tahun 2002 dan diluncurkan pada bulan Mei 2003. LinkedIn hingga awal tahun 2011 telah meraup jumlah pengguna hingga 90 juta orang. Pengguna pun memiliki latar berlatar belakang geografis yang bervariasi, lebih dari 200 negara dan wilayah di dunia.

Penggunaan LinkedIn memang belum terlalu menjamur seperti situs layanan jejaring sosial lainnya (Facebook atau Twitter). Padahal LinkedIn juga tak kalah bermanfaatnya. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan LinkedIn, berikut merupakan salah satu penggunaan LinkedIn yang konkret, yaitu mendapatkan mitra bisnis.

Menemukan mitra bisnisJika Anda sudah menekuni dunia bisnis cukup lama, Anda akan mengakui betapa bergunanya memiliki daftar mitra yang bisa Anda hubungi jika suatu saat ingin melakukan langkah-langkah bisnis seperti merger atau membuka usaha baru. Menemukan mitra baru sering menjadi sebuah proses yang lama dan melelahkan karena Anda harus melakukan seleksi. Menemukan mitra bisnis hampir mirip dengan kencan buta. Kedua pihak sama-sama memiliki sedikit pengetahuan tentang atu sama lainnya tetapi belum terlibat serius dalam sebuah hubungan.

Ada 70 juta orang di LinkedIn dan semuanya adalah mitra yang potensial dalam berbisnis. Anda hanya harus menemukan orang yang tepat di antara banyak pengguna LinkedIn tersebut.  Manfaat penggunaan LinkedIn ialah Anda memiliki akses terhadap banyak informasi tentang setiap orang sebelum Anda memutuskan unntuk ‘bertemu’ dan membicarakan bisnis.


Menemukan mitra joint venture potensialCara terbaik untuk memulai ialah dengan melakukan pencarian di LinkedIn. Selain bisa mengetahui lokasi dan perusahaan, Anda juga dapat menemukan informasi lainnya yang relevan seperti:
* Fungsi
* Senioritas
* Skala perusahaan dan sejarahnya
* Minat orang

Informasi tentang  minat menjadi sangat berguna saat kita mencoba untuk menemukan anggota baru yang tertarik dengan ekaspansi bisnis mereka.

Jika Anda hendak melakukan sebuah pencarian, Anda diharuskan untuk melakukan upgrade ke tingkat bisnis LinkedIn yang jumlahnya sebesar 24,95 dolar AS per bulan. Jika Anda serius untuk menemukan seorang mitra, jumlah uang seperti ini tentu belum seberapa karena hasilnya bisa sangat berguna bagi pemilik bisnis atau entrepreneur seperti Anda.

Dengan melakukan upgrade keanggotaan, Anda juga bisa menggunakan berbagai macam fasilitas lain seperti InMails (kemampuan untuk bertukar pesan dengan orang yang belum berhubungan dengan kita dalam LinkedIn). Fitur ini masih ditambah dengan batas pencarian yang dinaikkan dari 100 item menjadi 300.

Anda juga bisa melakukan pencarian lanjutan untuk mendapatkan hasil yang serupa jika Anda memutuskan bahwa melakukan upgrade bukan satu-satunya pilihan.

Alternatif lain menemukan mitra bisnis tanpa membayar ialah melakukan pencarian dengan Google dahulu. Setelah itu yang harus dilakukan ialah memformat pertanyaan pencarian dengan cara menuliskan sebagai berikut:

Situs: LinkedIn + “Nama industri Anda” + “Usaha Baru” + “Lokasi Anda”
Situs: LinkedIn + “Nama industri Anda” + “Persetujuan/ kesepakatan bisnis” + “Lokasi Anda”

Meneliti mitra potensialKini karena Anda telah menemukan sebuah daftar calon potensial untuk merger usaha yang berikutnya, Anda dapat memulai untuk menyortir semua profil orang-orang yang telah Anda temukan via Google. Pastikan bahwa Anda memperhatikan kelompok di mana Anda temukan orang tersebut dan bergabunglah dengan kelompok tersebut sehingga Anda bisa senantiasa dapat berhubungan dengan mereka. Anda harus juga mencari orang yang mereka ketahui sekaligus sudah mengenal Anda relatif dekat sehingga Anda bisa dikenalkan dengan orang tersebut. Lihat social media marketing di LinkedIn untuk informasi lebih lanjut tentang ini. Setelah Anda menemukan sejumlah nama mitra potensial, cari nama mereka dengan Google dan kunjungi situs apapun yang melibatkan mereka.

Menjalin hubunganSeperti yang telah disinggung sebelumnya, bergabung dalam kelompok/ grup dalam LinkedIn memungkinkan kita untuk bertukar pesan dengan pengguna lainnya baik secara pribadi maupun publik. Dengan bergabung dalam satu grup yang sama, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjalin hubungan. Jadi pastikan Anda bergabung dengan grup apapun yang sesuai dengan harapan Anda dan mulailah untuk menjalin hubungan.

Metode lainnya yaitu membiarkan orang lain yang telah berada dalam jaringan Anda untuk memperkenalkan Anda. Cobalah untuk menggunakan satu hubungan tingkat pertama dan kedua untuk meekomendasikan Anda karena perkenalan tingkat 3 tidak selalu efektif. 
Sumber : ciputraentrepreneurship.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More