Tahun lalu tepatnya, saya
membaca sebuah tulisan dari Harvard Business Review yang mengatakan kalau saat
ini sudah bukan jamannya lagi hanya mengelola waktu Anda. Tetapi saat ini sudah
saatnya Anda untuk mulai belajar juga mengelola Energi!
Dulu yang namanya mengelola
waktu adalah hal yang luar biasa, akan tetapi dengan tuntutan perkembangan
jaman saat ini, perlu Anda juga belajar untuk bisa mengelola Energi Anda.
Organisasi manapun saat ini pastilah menuntut lebih dan lebih lagi dari orang –
orang di timnya, entah saat ini Anda bekerja ataupun membuka sebuah bisnis.
Deadline waktu pun semakin padat dan singkat yang kadang banyak membuat para
professional menjadi mudah stress. Tentunya dengan kondisi yang seperti ini
Anda tidak hanya cukup dengan mengelola waktu, tetapi perlu juga mengelola
Energi Anda.
Berikut ini adalah 4 tips
sederhana yang akan membantu Anda untuk menjalani hari – hari dengan lebih
cerdas dan tidak akan menjadi mudah kelelahan :
1. Ambillah waktu untuk
istirahat singkat tapi teratur.
Ambillah waktu untuk
beristirahat singkat setiap 90 sampai 120 menit saat Anda bekerja. Mudah saja
hal yang dapat Anda lakukan seperti berjalan-jalan, ambil waktu untuk minum,
atau hanya melakukan stretching untuk meluruskan kaki Anda.
2. Ucapkan terima kasih.
Fakta menunjukkan bahwa menjadi
pribadi yang positif akan meningkatkan tingkat energi Anda. Salah satu hal
mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara menyampaikan penghargaan atau
terima kasih secara rutin kepada orang lain. Saat Anda mengucapkan terima kasih
atau penghargaan, secara tidak sadar Anda sedang memberikan energi buat Anda
sendiri juga.
3. Mengurangi gangguan /
interupsi.
Saat mengerjakan tugas – tugas
atau pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi, jauhkan diri Anda dari telepon,
blackberry dan email. Solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan men-set
waktu tertentu untuk Anda dapat menjawab telepon, membaca dan menjawab SMS, BBM
(Blackberry Messanger) ataupun email. Kecuali untuk hal – hal yang benar –
benar TOP URGENT adalah suatu perkecualian. Misalnya Anda dapat merespon setiap
SMS, BBM atau email yang masuk saat sebelum mulai bekerja, saat makan siang dan
sebelum pulang. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih konsentrasi dan fokus
dalam mengerjakan pekerjaan – pekerjaan Anda.
4. Lakukan apa yang Anda sukai.
Pahamilah diri Anda sendiri
mengenai apa yang nantinya akan memberikan tambahan energi buat Anda, serta hal
– hal apa saja yang saat mengerjakannya benar – benar Anda nikmati. Saat
melakukan hal – hal yang benar – benar Anda sukai, Anda sebenarnya sedang
menjadikan diri Anda semakin bersemangat dan antusias. Temukanlah juga cara
untuk melakukan lebih banyak hal dalam kehidupan Anda yang akan membuat Anda
tidak terlalu lelah. Hal – hal yang bisa Anda lakukan misalnya dengan
menyediakan “me”-time dalam keseharian Anda seperti pergi jalan – jalan,
membaca buku, mendengarkan musik, serta hal – hal kreatif lainnya yang akan
men-charge diri Anda.
Semoga artikel ini menginspirasi
dan bermanfaat. Mari mulai saat ini selain mengelola waktu, Anda juga perlu
mengelola energi. Life to the FULLEST!
Bagaimana pendapat dan komentar
Anda mengenai hal ini?
Penulis : Adrianluis
Sumber : topmotivasi.com