Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Setengah Bulan, Bahrul Raih Rp30 Juta dari Hiasan Imlek


Datangnya tahun baru Imlek membawa berkah tersendiri bagi Bahrul Ulum, perajin air brust khusus hiasan atau pernak pernik hari raya atau perayaan khusus. Bagaimana tidak, hanya dalam tempo sekira setengah bulan, dia mampu mengantongi keuntungan hingga Rp30 juta.

Bagi para penikmat kerajinan khusus yang didesain untuk memeriahkan hari keagamaan hingga perayaan tahun baru seperti imlek yang jatuh pada 3 Februari, buah karya Bahrul yang beralamat di Jalan Raya Kuta, sudah tidak asing lagi dan bisa menjadi jaminan kualitas.

Selain langka, berkat kelihaian tangan terampil Bahrul, berbagai macam kreasi seni lewat hiasan dan pernik-pernik yang dibuat, mampu menambah semaraknya pesta atau perayaan suatu hajatan acara. Seperti pada tahun baru Imlek yang sangat dinantikan warga keturunan Tiongha. Tentu saja Bahrul memanfaatkannya untuk menjual kerajinan karyanya.

Karena masih belum tahun jenis hiasan apa yang akan dijual, ia pun tertarik meniru sebuah boneka yang ada dalam sebuah gambar foto. Berbekal kemampuannya sebagai perajin, begitu melihat boneka khas China yang disebutnya "meme", diapun membuat disain pola gambar di atas spon putih. Selain itu, dia juga membuat pola boneka kelinci, uang koin hingga barongsai, yang memiliki relevansi dengan perayaan imlek.

"Saya sengaja tidak menjual hiasan seperti lampion yang banyak dijual di toko-toko, dengan begitu pembeli akan tertarik membeli di sini," kata pria asal Malang, Jawa Timur ini.

Aneka jenis hiasan untuk perayaan Imlek itu, biasanya dipajang di lobi-lobi hotel, restoran atau perkantoran, lengkap dengan warna-warni yang mencolok seperti merah, kuning dan hijau. "Biasanya saya jual satu paket seharga Rp1 juta, berupa dua boneka meme dan oko, boneka kelinci dan barongsai serta uang koin," sebut dia.

Rupanya, hasil karyanya mendapat respons konsumen, bahkan mereka tidak ragu membayar dengan harga tinggi karena kualitas pengerjaan hiasan Bahrul yang rapi, unik dan jarang ditemui di tempat lain. Dari semua pembeli kata dia, mayoritas dari warga keturunan China dan mereka sudah cukup familiar dengan hiasan boneka berukuran raksasa itu.

Dari hasil karya pertama membuat hiasan imlek, dia mengaku mendapat pelajaran berharga, yakni ketika ada salah satu tulisan berbahasa mandarin yang ternyata dicermati banyak orang. "Ada seorang guru bahasa China yang membetulkan tulisan karena salah pada hiasan boneka yang saya buat," ucapnya tersenyum.

Namun dari mayoritas pembeli, mereka menyatakan dapat menerima karyanya dan jarang yang melemparkan protes baik dari sisi pola, gambar, bentuk hingga harganya.

Alhasil, dalam waktu yang tak terlalu lama sekira dua minggu, 40 paket produk kerajinan Bahrul sudah ludes terjual dan ia mengaku mengantongi keuntungan bersih hingga Rp30 juta.(wdi)

Sumber : okezone.com 


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More