Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Zulkarnaen, Sukses Berbisnis Konstruksi


Bila melihat keberhasilan Zulkarnaen Arief menjalankan bisnisnya, sulit menyangka Ketua Kadin Sulawesi Selatan itu memulai usahanya dari nol. Padahal, sejak usia 10 tahun, Zulkarnaen sudah tidak lagi hidup bersama orangtuanya di Makassar

Kegemarannya memancing dan kehidupan laut membuat sekolahnya terbengkalai dan tak naik kelas, sehingga memutuskan diri meninggalkan rumah. Dia bahkan pernah terdampar di Bulukumba kemudian berlayar ke Galesong, Takalar, hingga akhirnya menemukan seseorang yang membantunya melaut dan menjadi nelayan. Laut pulalah yang menempanya tak kenal takut pada tantangan.

Jiwa entrepreneur telah ditunjukkannya ketika masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Di usianya yang muda, 1.000 ayam ras telah dipelihara di peternakannya. Penghasilan tetap juga diperoleh sebagai instruktur olahraga beladiri dengan melatih aparat kepolisian yang baru lulus pendidikan.

Kejeliannya menangkap peluang semakin berkembang ketika kuliah di Universitas Muslim Indonesia. Melihat kampusnya belum memiliki pos penjagaan, alumni Fakultas Teknik UMI itu lalu mengajukan penawaran membangun pos jaga di kampusnya.

Pengalaman inilah yang menjadi titik awal Zulkarnaen menggeluti dunia konstruksi. Sukses dengan proyek pos jaganya, Rektor kembali memercayakan pembangunan sarana dan prasarana kampus lainnya. Proyek berikutnya, pagar kampus dengan anggaran Rp 36 juta dan memperoleh keuntungan Rp 2 juta.

Selain proyek-proyek dari kampus yang terus mengalir, laki-laki kelahiran 6 November 1960 itu mengepakkan sayap bisnis ke luar kampus dengan membangun SD Pattalassang sekitar tahun 1982. Setahun kemudian, mengerjakan pembangunan SMP Wonomulyo dilanjutkan dengan proyek KIP senilai Rp 125 juta.

Sukses di dunia usaha tak membuat kuliahnya tertinggal. Sesibuk apapun menggeluti dunia bisnis konstruksi, aktivitas kampus tetap ditekuni, bahkan sempat menjadi ketua senat. Zulkarnaen harus pandai mengatur waktu.

Berbekal kesuksesan dan kepercayaan mengerjakan proyek konstruksi, Zulkarnaen mendirikan perusahaan pertamanya, CV Lima Belas Maret. Hampir semua waktunya tersedot menjalankan perusahaan ini. Semua ditangani sendiri, bahkan sering bolak-balik ke berbagai daerah terjun langsung menjalankan usaha. Potensi di setiap daerah yang dikunjungi pun ditangkap sebagi peluang bisnis. (*/Fajar/Harifuddin)

Sumber : okezone.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More