Kumpulan Artikel Tips dan Triks Pengusaha Sukses, anda yang sudah jadi pengusaha jadikan blog ini untuk mendapatkan inspirasi dalam memaksimalkan usaha anda. Kirimkan Artikel anda di blocknotinspire@gmail.com
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://idegilabisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Jangan Takut Dikritik


Agar berhasil dalam kehidupan Anda tidak perlu menjatuhkan orang lain, namun Anda harus mampu tetap berdiri dalam menghadapi usaha-usaha orang lain yang mencoba menjatuhkan Anda.
Cara Anda memilih dalam menanggapi kritikan adalah salah satu keputusan penting untuk Anda ambil.
Tidak ada hal penting yang pernah diraih tanpa adanya pertentangan dan kritikan. Bila Anda membiarkan perkataan-perkataan orang menghentikan Anda, maka Anda benar-benar telah dihentikan.
Ingatlah ini, bila Anda takut terhadap kritikan, Anda akan mati tanpa melakukan apapun. Seperti yang Elbert Hubbard katakan, "The only way to avoid criticism is to do nothing, say nothing, be nothing." Satu-satunya cara untuk menghindari kritik adalah dengan tidak melakukan apapun, tidak mengatakan apapun, dan tidak menjadi apapun.
Orang-orang yang melakukan banyak hal sudah pasti menimbulkan banyak kritikan. Jadi apabila Anda ingin diri Anda mendapatkan kesempatan untuk meraih sesuatu yang besar, Anda pasti akan menerima banyak serangan dan ejekan yang diarahkan kepada Anda. Dan kenyataan biasanya orang yang suka mencela, menghujat, mengkritik Anda biasanya adalah orang yang sombong karena merasa diri sudah lebih baik dari orang lain. 
Kritikan adalah bagian dari harga yang harus Anda bayar untuk melewati keadaan biasa-biasa saja. Terkadang kita semua lebih senang mendapat masukan yang positif, pujian dan penghargaan. Hal tersebut memang baik agar kita mengetahui bahwa kita telah berada di jalur yang tepat dan sebagai support untuk pencapaian kita. Namun saat kritik datang kita sering mulai merasa down dan putus asa. Padahal sebenarnya Anda dapat jadikan kritik sebagai suatu feedback untuk perkembangan dan pertumbuhan Anda secara pribadi. Kuncinya adalah kita perlu belajar bagaimana menghadapidan menggunakan setiap feedback negatif untuk kemajuan kita. Biasanya ada banyak pelajaran yang dapat kita peroleh dari setiap feedback yang negatif kalau saja kita dengan sungguh-sungguh mau mencarinya dan belajar dari hal tersebut. Biasakanlah diri kita untuk selalu belajar bukan hanya dari pengalaman yang positif melainkan juga dari pengalaman yang negatif.
 
Tidak semua kritikan harus kita dengarkan, namun ada kritik yang perlu kita terima, saya akan share kategorinya berikut ini:
- Terima kritik jika kita dikasihi tanpa syarat oleh orang yang mengkritik.
- Terima kritik jika kritiknya tidak dinodai agenda pribadi menjatuhkan.
- Terima kritik jika kritiknya bertujuan membangun diri kita.
- Terima kritik jika orangnya memang bukan orang yang suka mengkritik segala sesuatu.
- Terima kritik jika orangnya siap memberi kita dukungan untuk menjadi lebih baik sesudah mengkritik.
- Terima kritik jika orangnya sendiri mempunyai pemahaman dan pengetahuan yang mendalam di bidang yang dia kritik.

__________________ 
HARYANTO KANDANI
Achievement Motivator & Penulis Buku Best Seller The Achiever
Follow Twitter: @haryantokandani
Visit Website: haryantokandani.com
Sumber : andriewongso.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More